Gatotkaca




GATOTKACA

NamaGATOTKACA
SpesiesManusia
Asal kekuatanJubah sakti pemberian dewa



Nama asliGatot
KelaminPria
PekerjaanFotografer lepas Natonal Geographic
AsalYogyakarta
Tinggi173 cm
Berat65 kg
Usia27 thn







Kekuatan super :
  • Kecepatan super
  • Tinju kilat Brajamusti ditangan kiri
  • Tinju api Barajadenta ditangan kanan
  • Jika disatukan menjadi tinju Geledek
  • Terbang dengan sayap Antakusuma (episode sekian-rahasia)
  • Kebal

Kelemahan :
  • Jubah dewa Gatotkaca belum sempurna dalam pertapaannya, sehingga meminta pengorbanan jiwa dari si-pemakainya
  • Pusar

Ciri tokoh Gatotkaca :
  • Hitam Emas dengan mahkota lengkung dan bintang 8 didadanya
  • ber-armor bercorak batik

KISAH/THE STORY
Ribuan tahun yang lalu, oleh para dewa para raksasa dikurung dalam sebuah penjara batu. Hingga kini karena kecerobohan manusia penjara batu itu pecah dan meninggalkan teka-teki. Seorang anak manusia terpilih untuk mengenakan jubah sakti Gatotkaca yang sedang menyempurnakan pertapaannya didalam kawah Candradimuka (Merapi). Mampukah anak manusia ini mengalahkan para raksasa dan memaksa mereka kembali kedalam penjara abadinya?


KONSEP / IDE / GAGASAN DICIPTAKAN KARAKTER SUPERHERO INI

Gatotkaca itu tokoh pewayangan bukan superhero, seperti halnya Si Buta dari Gua hantu (Ganes TH) adalah pendekar bukan superhero. Namun jika kita menanyakan kepada orang Indonesia, Siapa superhero Indonesia? maka sebagian besar juga akan menjawab Gatotkaca, disamping Godam (Wid Ns) dan Gundala (Hasmi).

Gatotkaca juga sering digambarkan bersaing dengan Superman atau Batman. Rupanya mimpi/harapan untuk menjadikan Gatotkaca Superhero Indonesia tampa sadar telah menambah status Gatotkaca menjadi sosok Superhero bukan lagi hanya sebagai tokoh wayang.

Gatotkaca bukan asli Indonesia, berasal dari kisah Mahabrata India (Ghattotkacha), dan populer dengan budaya jawa sehingga lambat laun menjadi tokoh yang di Idolakan oleh masyarakat jawa (Gathutkaca). Kesaktiannya dikisahkan luar biasa, antara lain mampu terbang di angkasa tanpa menggunakan sayap, serta terkenal dengan julukan "otot kawat tulang besi".
http://id.wikipedia.org/wiki/Gatotkaca
Nah kalau yang asli Indonesia adalah Punakawan, benar-benar rekaan jawa. 
http://id.wikipedia.org/wiki/Punakawan

Jadi bagaimana kemudian untuk menampilkan superhero Indonesia GATOTKACA? agar tidak merubah tradisi atau pakem budaya yang telah ada? berikut konsep dan hasil riset kami:
INSPIRASI BOLEH DARI MANAPUN, Jepang atau Amerika, namun EKSEKUSI tetap INDONESIAwi
  1. Apa yang khas dari Gatotkaca? batik, warna Hitam dan Emas, mahkota melingkar khas wayang.
  2. Kita tidak ingin Gatotkaca tampil seperti penari atau wayang orang bukan? Gatotkaca ini adalah Superhero Indonesia rekaan, tokoh fiktif. Dan untuk menjaga tradisi/budaya, Superhero Indonesia Gatotkaca adalah sebuah kisah fiksi, yang tidak ada hubungan sama sekali dengan kisah-kisah tradisi tersebut.
  3. Disainpun harus berbeda hampir serupa tetapi tidak sama karena fungsinya sebagai pembeda, karena kita tidak ingin anak cucu kita mengenal Superhero Gatotkaca sebagai bagian dari kisah-kisah tradisi/budaya yang telah mengakar, Intinya kami tidak ingin merusak tradisi yang telah ada...hati-hati dengan budaya.
  4. Bagaimana cara untuk mendisain tokoh Superhero Gatotkaca ini?
  5. BATIK, (sebelum diklaim negara lain)...Batik khas Indonesia, namun kami tidak ingin meletakkan disain batik pada Jarik atau kebaya, sebab Gatotkaca ini bukan penari/wayang orang.
  6. Nah, untuk jarik sendiri adalah budaya Jawa, sedangkan yang kita kreasikan adalah Superhero Indonesia BUKAN superhero jawa,karena Jarik bukan budaya di Irian jaya/Sulawesi/Kalimantan/bahkan Bali sekalipun memilki corak yang berbeda...,Untuk Indonesia kami harus memilih yang dapat diterima oleh segenap masyarakat Indonesia itu sendiri, bukan kedaerahan.
  7. Disamping harus dapat bergerak bebas FREE to ACTION, agar tidak terjerat kain sendiri dan agar memudahkan Rotoscoping (bagi yang tahu visual Effect mengerti hal ini). maka kami meletakkan ORNAMEN BATIK pada disain ARMOR dan sayap Gatotkaca
  8. Mahkota melengkung diatas kepala adalah khas pewayangan Indonesia, jika dari india bentuknya seperti stupa candi. Kami memutuskan tetap memakai disain mahkota melengkung tersebut dengan sedikit penyesuaian.
  9. Warna Hitam dan Emas adalah warna khas Gatotkaca, dan juga digunakan dalan ornamen-ornamen khas Jawa seperti disain batik (emas-hitam-coklat), disain tiang masjid (emas-hijau)
  10. KUMIS..., Gatotkaca sebenarnya BOLEH tidak berkumis...(walau di India juga berkumis) sejarah pemberian kumis ini di Indonesia adalah dimulai dari lukisan seniman Indonesia RA.Kosasih yang melukiskan Gatotkaca sebagai tokoh yang gagah perkasa Indonesia sesuai jaman tersebut bahwa pria perkasa adalah merujuk pada gambar pria seperti pada kemasan jamu kuku Bima. Betul sekali...pria dengan kumis melintang dan cambang. Nah, hasil karya bapak RA Kosasih inilah yang dijadikan acuan hingga kini untuk tokoh Gatotkaca.  http://id.wikipedia.org/wiki/R.A._Kosasih (FYI bapak ini juga menciptakan karakter Sri Asih, salah satu jagoan Superhero Indonesia lho.... http://id.wikipedia.org/wiki/Sri_Asih)
  11. Nah, untuk itu...kami tidak ingin meletakkan garis hitam tebal dibawah hidung Disain Superhero Gatotkaca agar tampak lebih dinamis dan tampak lebih muda, bersemangat,  namun juga kami menghargai hasil karya beliau, untuk itulah kenapa kami memberikan garis melintang tipis yang kami bentuk menjadi mulut superhero Indonesia Gatotkaca kami, ...Smile of Gatotkaca...itulah konsepnya. (btw, banyak juga yang menyarankan ganti mulut...tapi semuanya adalah mulut kamen rider...maaf ya, tapi terima kasih)
  12. Tambahan: Juga diakui kalo Superman dimata kebanyakan orang lebih terlihat ganteng, keren, gaul dibanding Gatotkaca yang berkumis tebal, membuat beberapa orang merinding takut dicium...hahah, oke kumis tebal Pak Raden buat superhero mungkin belum cocok untuk saat ini. 
  13. Superhero Gatotkaca disain inilah hasil dari riset tim kostum Jtoku saat itu, mas Nawa sendiri, Ki Duan Hargo, mas Broto, mas Hanung dan mas Seno
  14. Its all about disain, bagaimana cara menampilkan superhero tampak indah, bukan konyol...(Nawa Rie eda)

0 Response to "Gatotkaca"

Posting Komentar